rss

Selasa, 18 Agustus 2009

Lempuk Durian Bengkalis

Siapa yang tak kenal dengan lempuk durian. Makanan khas Riau dari Kabupaten Bengkalis ini bahkan sudah melalang buana hingga ke manca negara Lempuk durian Bengkalis hampir tak mengenal musim. Hal ini sangat beralasan. sebab di Bengkalis, durian hampir ada sepanjang tahun. "Orang-orang banyak bertanya, mengapa lempuk durian di Bengkalis tak pernah hilang. Saya lantas menjawab, di Bengkalis musim durian tak pernah putus. Makanya lempuk selalu dapat diproduksi,"tukas Linda, Pegawai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkalis.

Linda menambahkan, lempuk tahan cukup lama. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya sangat alami, tanpa bahan pengawet. Rasa manis dan aroma khas durian, menjadikan lempuk begitu lezat untuk disantap. Meskipun daerah lain mencoba untuk membuat lempuk serupa berbahan durian, tapi aroma serta cita rasa yang dihasilkan tidak akan sama dengan buatan asli orang Bengkalis. "Bahkan rasa lempuk yang khas serta bentuknya yang unik seperti dodol berukuran besar, menjadikan orang Sulawesi penasaran,' ujar Linda. Karena lezatnya lempuk durian, stand Kabupaten Bengkalis di arena Riau Expo 2009 di Purna MTQ Pekanbaru selalu ramai dikunjungi. Umumnya warga mencari lempuk." Hari pertama saja, lempuk durian sudah diborong orang. Bahkan kami terpaksa menambah lagi," cerita Linda.

Linda berharap lempuk durian Bengkalis akan menjadi makanan andalan Riau. "Kita sangat berharap keberadaan lempuk di Bengkalis tak tergerus oleh makanan lain dari luar daerah, serta makanan impor dari luar negeri,' harapnya.

Sumber : Tribun Pekanbaru
Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

7 komentar:

aneh aneh on 18 Agustus 2009 pukul 09.02 mengatakan...

hiuuhh enak tuh kayaknya

jaya on 18 Agustus 2009 pukul 09.04 mengatakan...

wkwkwkw aku tau sob.... kalau ke batam aku sengaja beli di bandara sultan sarip kasim untuk oleh-oleh ke batam pokok nya maknyus deh... harus mencoba sobat blogger

Firex on 18 Agustus 2009 pukul 09.23 mengatakan...

thanks moel.............. wah... ane dah bosan banget makan lempuk durian............. pengen makan lempuk manggis... ada nggak yah lempuk manggis...

Aku Tidak Juga Kau on 29 Agustus 2009 pukul 12.40 mengatakan...

Wah, kirim ke tampatku sob, buat buka puasa :)

Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia on 25 September 2011 pukul 19.26 mengatakan...

Salam Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia
Home Interior
Cherry Belle
TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Ades on 24 November 2011 pukul 15.05 mengatakan...

Maf Lempuk durian bukan dari bengkalis tetapi bengkulu

alfi anak sejarah on 30 November 2011 pukul 21.50 mengatakan...

jadi kepengen merasakannya :D
Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia

Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia

Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia

Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia


Posting Komentar

Buku Tamu BRO


ShoutMix chat widget

MEMBER