rss

Sabtu, 01 Agustus 2009

Sejarah Terbentuk Nama Bengkalis

Bengkalis merupakan Kabupaten dengan julukan Negeri Junjungan, pusat kota terletak di Kecamatan Bengkalis terdiri dari etnis Melayu, Tionghoa, Jawa, Batak, Minang dengan mayoritas penduduknya adalah Melayu. Asal mula terbentuknya nama Bengkalis berawal dari kedatangan Tuan Bujang alias Raja Kecil bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah beserta pembantu dan pengikutnya pada tahun 1722 di kepulauan Bengkalis. Diambil dari kata "Mengkal" yang berarti sedih atau sebak dan "Kalis" yang berarti tabah, sabar dan tahan ujian. Raja Kecil mengungkapkan kepada pembantu dan pengikutnya "Mengkal rasanya hati ini karena tidak diakui sebagai Sultan yang memerintah negeri, namun tidak mengapalah, kita masih kalis dalam menerima keadaan ini" ketika ingin merebut tahta kerajaan Johor. Sehingga menjadi buah bicara penduduk bahwa baginda sedang Mengkal tapi masih Kalis, akhirnya ucapan itu menjadi perkataan "oh baginda sedang Mengkalis". Dari kisah ini timbullah perkataan Mengkalis dan lama kelamaan perkataan ini berubah menjadi "Bengkalis"
Adapun kedatangan Raja Kecil beserta pembantu dan pengikutnya disambut oleh Batin Senggoro, Batin Merbau, Batin Selat Tebing Tinggi dll. Raja Kecil adalah pewaris Raja Johor, sehingga membuat batin-batin tersebut lebih hormat dan mereka mengusulkan agar Raja Kecil membangunkan kerajaannya di pulau Bengkalis. Namun melalui musyawarah beliau dengan Datuk Laksemana Bukit Batu, Datuk Pesisir, Datuk Tanah Datar, Datuk Lima Puluh, Datuk Kampar dan Para Batin disepakati bahwa pusat kerajaan di dirikan didekat Sabak Aur yakni di Sungai Buatan salah satu anak Sungai Siak. Sehingga pada tahun 1723 dibangunlah pusat kerajaan dan berkembang menjadi Kerajaan Siak Sri Indrapura.
Catatan sejarah menunjukkan bahwa Bengkalis pernah menjadi basis awal kerajaan Siak dan dibengkalis pulalah wawasan mendirikan kerajaan Siak dimufakati. Jauh sebelum kedatangan Raja Kecil, Bengkalis telah menunjukkan peran penting dalam arus lalu lintas niaga di Selat Melaka, terutama sebagai tempat persinggahan saudagar yang keluar masuk Sungai Siak.
Postingan Terkait Lainnya :


Widget by Astaqauliyah.Com

10 komentar:

hill on 4 Agustus 2009 07.29 mengatakan...

waahhh informasi yg bagus kawan :) sy br tau ttg sejarah bengkalis...thnxss yaaa

Anonim mengatakan...

Fakta sejarah: ketika Raja Kecil menjejakan kaki di Bengkalis pada tahun 1717, nama "Nengkalis" sudah ada jaun sebelum itu. Misal: tercatat pada tahun 1673, Belanda membangun pos di Pulau Bengkalis untuk mengawal perdagangan emas dan timah dari hulu siak. Tq.

~Rahasia~ mengatakan...

gk ada foto" ttg pusat bengkalis gt ya??

coba dimasukkan..kyknya kan bisa menambah infonya..

heheheh

:)

serumpun on 1 April 2011 09.43 mengatakan...

sejarah yang baik.kita kusus rakyat Kab Bengkalis

Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia on 25 September 2011 19.25 mengatakan...

salam Kenal Mampirrr Yaaa

Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia
Home Interior
Cherry Belle
TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

situs_football on 15 Desember 2011 17.28 mengatakan...

?

Anonim mengatakan...

i have no idea baout Bengkalis history before,
thanks for sharing this article,,,
hope everysingle malay in Bengkalis know better about their hometown history...

pitra awaludin on 22 Desember 2013 14.50 mengatakan...

Simpang siur asal usul negeri kita ini..
ad yg mengatakan dari cerita datuk kita ALM.YUNG DOLAH.
"SINGKAT CERITA IA PERGI MEMANCING DI LAUT,DALAM LAMUNANYA MENUNGGU UMPAN DIMAKAN IA MENDENGAR RINTIHAN IKAN TERUBUK DISERANG IKAN BILIS (TERI), TERUBUK MENJERIT.
AMPUN LIS BADANKU BENGKAK LIS.
AMPUNN LIS BENGKAK LIS..
DAN IA (yung dolah) MENDENGAR SAMAR SAMAR SUARA ITU DARI DALAM AIR MENJADI BENGKALIS.
MAKA PADA SAAT ITU JG NAMA TEMPAT TINGGALNY JADI BENGKAK LIS ATAU BENGKALIS.
hehe
NAMUn sejarah asal usul nama negeri junjungan ini (BENGKALIS) masih blm ditemukan titik kebenaranny.

WALLAHU A'LAM BIL ASSHAWAB.

encik ovhan mengatakan...

menurut cerita datuk saya dulunya nama bengkalis itu mengkalis berasal dari bahasa jawa kuno. berubah menjadi nama bengkalis dikarenakan masuknya belanda dan merubahnya menjadi nama bengkalis. saya ade buktinya dari buku yang dibuat pada tahun 1965. salam keturunan datuk laksemana raja dilaut

dedi syahputra on 20 Februari 2015 23.14 mengatakan...

thanks sharing the infonya very use full....


Posting Komentar

Buku Tamu BRO


ShoutMix chat widget

MEMBER